Jumat, 01 Juli 2011

Blog

Apa itu blog?? Blog adalah suatu catatan pribadi sesorang di internet. berisi informasi yang sering di update dan kronologis. blog lebih identik dengan sebuah diary. perbedaan mendasar adalah bahwa blog bisa dibaca siapa aja. Nah, saya akan menguraikan lebih detail lagi tentang blog. Cekidot!!

Bagaimana cara membuat blog??

Wah,, gampang sekali. Blog itu ada banyak jenisnya, cuma yang paling populer itu adalah www.blogger.com dan www.wordpress.com.


1.Kamu harus punya email,, gak musti gmail.
2. Buka www.blogger.com dan klik memulai.
3.Isi alamat email (udah harus ada, gak musti gmail), password, nama tampilan (nama yang akan digunakan untuk menandai blog kamu, saran gw lebih baik cari yang gampang diingat), jenis kelamin, tanggal lahir, verifikasi kata dan jangan lupa ceklis kolom penerimaan persyaratan. Lalu klik "lanjutkan".
4.Isi judul blog (yg gampang diingat. misalnya ninaddictedforever.blogspot.com), lalu klik "lanjutkan".
5.Pilih template awal, lalu klik "lanjutkan".
6.Blog kamu udah jadi deh, selanjutnya klik "mulai blogging" (jangan lupa buka email kamu untuk memverifikasi, sama kayak kita kalau mau bikin facebook.

Cara memainkannya???

Posting artikel??

Klik entri baru, lalu kamu tinggal tulis deh artikel kamu,, jangan lupa isi judul dan label artikel kamu (misalnya artikel yg mau kamu posting itu ttg Drama Korea Cruel Temptation, ya udah kamu tinggal kupas yg berhubungan dgn Drama Korea itu dan dilabelnya kamu tulis “Cruel Temptation”). Biar lebih rapi,, kamu bisa klik rancangan,, lalu klik tambah gadget,, terus kami tinggal cari yg namanya “LABEL”. Nah kalau udah ketemu,, klik tanda tambah. Lalu kamu klik “Label Yang Dipilih” terus klik edit (ada dibawahnya),, lalu kamu ceklis deh “Cruel Tempatation”,, lalu klik selesai. Setelah itu di kolom judul tinggal kamu tulis “Drama Korea” abis itu klik simpan (save). Terus kamu klik simpan sekali lagi. Lalu klik lihat blog (disamping tulisan eleman laman ditambahkan).

Mengubah Background

Klik rancangan,, lalu klik perancang template. Disitu ada lima kategori diantaranya, Templates, Background, Adjust widths, Layout dan Advance. Nah,, di bagian Temptales,, kamu silahkan pilih mana Templates yg kamu sukai. Dibagian Background,, kamu klik tanda panah kebawa di kolom Background image,, ya udah,, tinggal pilih deh Backgroundnya,, kalau mau background ciptaan sendiri,, klik aja upload abis itu klik done. Kalau udah selesai,, jgn lupa klik Apply To Blog (nanti akan muncul tulisan Temppale Applied. Setelah itu klik Back To Blogger. Lalu klik simpan, dan klik klik lihat blog (disamping tulisan eleman laman ditambahkan).

Lihat Komentar

Klik rancangan,, abis itu klik pengaturan, klik komentar,di kolom siapa yg bisa berkomentar kamu klik “siapa pun” (supaya yg gak punya blog pun bisa komentarin blog kamu). Abis itu klik simpan setelan. Setelah keluar tulisan setting telah berhasil disimpan,, kamu bisa klik lihat blog.

Kalau kamu mau tahu udah berapa byk yg ngirim komentar ke kamu,, kamu bisa klik rancangan,, tambah gadget, lalu klik unggulan,, terus kamu klik recent comments abis itu klik simpan. Terus klik lagi simpan,, dan setelah itu klik lihat blog (disamping tulisan eleman laman ditambahkan).

Cara menghapus postingan

klik dasbor (pas awal kalian masuk ke blog),, terus edit entri,, terus ceklis deh postingan yg mau dihapus,, lalu klik hapus yg dipilih bagian bawah)

Kalau udah selesai ngeblog,, jgn lupa ya log out... Semoga tulisan gw ini bermanfaat ya buat kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar